12 Macam - Macam Karakteristik Tekstur Tanah

Baca Juga

Jual Tanah Taman. Tentang 12 Macam - Macam Karakteristik Tekstur Tanah. Pengertian tentang Struktur atau Tekstur tanah adalah klasifikasi secara kualitatif perihal suasana suatu tanah berdasarkan tekstur fisiknya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tekstur tanah salah satu jenisnya adalah tekstur tanah lempung yang memiliki banyak manfaat setiap tekstur tanah

Pengujian dan penerapan tekstur tanah diterapkan di lapangan maupun di laboratorium. Kategori utama berasal dari tekstur tanah yakni tanah berpasir, review atau lempung, dan geluh atau lanau,

berdasarkan distribusi ukuran partikel tanah yang didapatkan bersama dengan pengayakan. Kualitas tekstur tanah yang didapatkan bisa digunakan untuk beraneka penerapan, misal komoditas pertanian yang cocok untuk ditanam sampai suasana dan perubahan lingkungan.

12 Macam - Macam Karakteristik Tekstur Tanah

Jual Tanah Taman Tentang 12 Macam - Macam Karakteristik Tekstur Tanah

Tekstur tanah di lapangan dapat dibedakan bersama langkah manual yaitu bersama memijit tanah basah di pada jari jempol bersama jari telunjuk, sambil dirasakan halus kasarnya yang meliputi rasa keberadaan butir-butir pasir, debu dan liat, bersama langkah sebagai berikut:

  1. Pasir (sandy) => Pasir membawa ukuran >2mm dan bersifat kasar dan tidak  lekat. Pasir mengikat sedikit air karena pori-porinya besar sehingga banyak air yang keluar berasal dari tanah akibat type gravitasi.
  2. Pasir berlempung (loam sandy) => Tanah pasir berlempung ini memiliki terkstur yang  kasar. Pasir berlempung ini bakal membentuk bola yang ringan hancur karena daya ikat pada partikel-partikel di pasir berlempung tidak kuat. Dan terhitung bakal sedikit sekali lengket karena sebetulnya takaran lempungnya yang sedikit.
  3. Lempung berpasir (Sandy loam) => Rsa kasar pada tanah lempung berpasir bakal mulai agak mengerti dan terhitung bakal membentuk bola yang agak keras tapi bakal ringan hancur.
  4. Lempung (Loam) => Lempung tidak mulai kasar dan terhitung tidak mulai licin. Dapat membentuk bola yang agak teguh dan dapat sedikit digulung bersama permukaan yang mengkilat. Selain itu, lempung terhitung dapat melekat.
  5. Lempung review berpasir (Sandy-clay-loam) => Lempung review berpasir mulai agak jelas. Dapat membentuk bola agak teguh seumpama kering dan terhitung dapat membentuk gulungan terkecuali dipilin dan gulungan bakal ringan hancur dan juga dapat melekat.
  6. Lempung review berdebu (sandy-silt-loam) => Lempung review berdebu memiliki rasa licin yang jelas. Dapat membentuk bola teguh dan gulungan yang mengkilat dan juga dapat melekat.
  7. Lempung berliat (clay loam) => Lempung berliat bakal mulai agak kasar. Dapat membentuk bola agak teguh seumpama kering dan membentuk gumpalan seumpama dipilin tapi pilinan ringan hancur. Daya lekatnya sedang.
  8. Lempung berdebu (Silty Loam) => Lempung berdebu bakal mulai agak licin. Dapat membentuk bola yang agak teguh dan dapat melekat.
  9. Debu (Silt) => Debu bakal mulai licin sekali. Dapt membentuk bola yang teguh dan dapat sedikit digulung bersama permukaan yang mengkilap dan juga mulai agak lekat.
  10. Liat berpasir (Sandy-clay) => Liat berpasir bakal mulai licin tapi agak kasar. Dapat membentuk bola didalam kondisi kering. Akan susah untuk dipijit tapi ringan digulung dan juga memilliki daya lekat yang tinggi (melekat sekali).
  11. Liat berdebu (Silty-clay) => Liat berdebu bakal mulai agak licin. Dapat membentuk bola didalam kondisi kering. Akan susah dipijit tapi ringan digulung dan juga memiliki daya lekat yang tinggi (melekat sekali).
  12. Liat (clay) => Liat bakal mulai berat, dapat membentuk bola yang baik. Serta memiliki daya lekat yang tinggi (melekat sekali).   
Demikian tadi uraian dari kami jual tanah taman tentang 12 Macam - Macam Karakteristik Tekstur Tanah. Semoga membantu anda dalam mencari informasi tekstur tanah.       

Butuh Order Tanah Taman Silahkan Klik Di Bawah Ini :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tanah Humus Per m3 (Meter Kubik)

Harga Tanah Subur Per M3

Harga Tanah Taman 1 Pick Up