5 Media Tanam Selain Tanah

Baca Juga

Jual Tanah Taman. Media tanam merupakan komponen perlu didalam tanaman hias baik untuk media pembibitan maupun untuk media tanaman itu sendiri berasal dari banyak bahan media tanam yang sering digunakan untuk media tanam ada media tanam organik dan anorganik, bahan organik biasanya berasal berasal dari organisme hidup, seperti anggota berasal dari tanaman, mampu daun, batang, buah dan kulit kayu.

Media tanam berasal dari bahan organik memiliki unsur-unsur hara dan membawa pori-pori makro ataupun mikro yang dibutuhkan tanaman sehingga tanaman tumbuh bersama dengan baik gara-gara sirkulasi hawa dan penyerapan air di media tanam terjaga.

5 Media Tanam Selain Tanah



Jual Tanah Taman Tentang Media Tanam Selain Tanah

Media tanam mampu disebut juga bersama dengan media tumbuh, berasal dari yang biasanya tanaman pakai media tanam berwujud tanah. 

Banyak bahan yang tidak serupa yang digunakan didalam beraneka kombinasi untuk membuat media tanam buatan sendiri. 

Media tanam memiliki unsur-unsur hara yang banyak seperti beraneka air, nutrisi, mineral, dan juga kandungan lain yang terlalu dibutuhkan oleh tanaman, sehingga akar tanaman mampu menyerap kandungan hara yang ada du media tanam secara optimal.

Adapun sebagian media tanam berasal dari bahan organik yang mampu dipakai pada lain arang, sabut kelapa, pupuk kandang, cacahan pakis, kompos dan humus.

1. Arang

Media tanam arang yang sering digunakan yaitu arang sekam padi, tak hanya menjadi media tanam arang sekam padi mampu digunakan sebagai pupuk dan bahan baku briket arang. 

Sekam mudah untuk didapatkan berasal dari penggilingan padi berwujud sekam mentah yang belum di bakar. Selain sekam digunakan untuk arang mampu juga dijadikan bekatul untuk pakan ternak. 

Arang sekam juga mampu digunakan sebagai campuran pupuk dan media tanam di persemaian. Hal ini gara-gara karakteristik sekam padi yang memiliki kekuatan menyerap dan menyimpan air untuk cadangan makanan.

2. Batang Pakis

Jual Tanah Taman. Media tanam batang pakis mampu dibedakan berdasarkan warnanya, yaitu batang pakis hitam dan batang pakis coklat. 

Batang pakis hitam lebih lazim gara-gara banyak digunakan sebagai media tanam. Batang pakis hitam mampu didapat berasal dari tanaman pakis yang sudah tua sehingga lebih kering. 

Media tanam batang pakis mudah di bentuk gara-gara batang pakis berwujud potongan kecil yang disebut juga cacahan pakis. 

Cacahan pakis mampu dibentuk menurut kebutuhan seperti lepengan persegi empat yang biasanya digunakan untuk media tanam tanaman anggrek.

3. Kompos

Kompos merupakan media tanam yang berasal berasal dari sistem fermentasi beraneka anggota tanaman atau limbah organik, seperti batang, daun tanaman, sekam, rumput, dan sampah organik. 

Penggunaan kompos sebagai media tanam memiliki banyak keuntungan gara-gara karakter unsur-unsur hara untuk perbaikan sifat-sifat tanah. 

Selain itu kompos memiliki kandungan bahan organik yanh terlalu perlu untuk memperbaiki suasana tanah.  Kompos yang sudah mampu digunakan yaitu kompos yang sudah berwarna hitam kecoklatan, memiliki kandungan air yang rendah dan tidak berbau.

4. Sabut kelapa (coco peat)
Sabut kelapa  merupakan bahan organik yang digunakan sebagai campuran media tanam yaitu bersama dengan sekam bakar (arang).  

Sabut kelapa untuk media tanam berasal berasal dari buah kelapa tua gara-gara yang memiliki serat yang kuat. 

Penggunaan sabut kelapa sebagai media tanam sangatlah perlu gara-gara sabut kelapa mampu menyimpan cadangan air yang banyak. 

Jadi sebaiknya pemanfaatan sabut kelapa tidak terlalu banyak gara-gara sifatnya yang mudah lapuk fan ditumbuhi jamur. 

Selain itu sabut kelapa memiliki unsur hara yang berfaedah untuk tanaman yaitu unsur hara esensial, seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (N), dan fosfor (P).

5. Sekam Padi
Jual Tanah Taman. Sekam padi merupakan kulit biji padi yang di hasilakann berasal dari pemggilingan padi. Sekam padi yang biasa digunakan untuk media tanam berwujud sekam padi yang sudah di bakar (sekam bakar). 

Sekam mentah sebagai media tanam memiliki karakteristik mudah mengikat air, tidak mudah lapuk, sumber kalium (K) n, dan tidak mudah menggumpal atau memadat sehingga akar tanaman mampu tumbuh bersama dengan baik. 

Butuh Order Tanah Taman Silahkan Klik Di Bawah Ini :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tanah Humus Per m3 (Meter Kubik)

Harga Tanah Subur Per M3

Harga Tanah Taman 1 Pick Up